top of page
  • Prof. Djoko Santoso, dr., SpPD

Mengenal lebih dekat organ ginjal!

Apakah anda tahu fungsi dari ginjal anda? Ada pepatah tak kenal maka tak sayang, jika anda tidak tahu fungsi ginjal anda bagaimana anda akan sayang terhadap ginjal anda? Semoga dengan informasi yang diberikan ini anda akan lebih merawat dan menyayangi ginjal anda...

  • Mengatur jumlah air dalam tubuh

Apakah yang akan tubuh lakukan saat kelebihan cairan atau kekurangan cairan? Biasanya antara membuang kelebihan cairan atau menjaga agar cairan tidak keluar dari tubuh. Siapa yang mengatur? yap, ginjal adalah organ yang mengatur ini semua. Saat tubuh dalam kondisi kelebihan cairan, ginjal sesegera mungkin akan membuang cairan tersebut melalui air seni. Maka dari itu timbul efek berkemih sehingga kelebihan tersebut akan segera dibuang untuk mengatur keseimbangan cairan. Bagaimana jika tubuh kekurangan cairan? ginjal akan meminimalisir pengeluaran cairan, dan tubuh segera merangsang efek haus agar segera meminum air.

  • Menyaring bahan racun dan sampah dari darah

Ginjal ibarat saringan atau filter terhadap racun dan sampah yang diproduksi tubuh selama proses pembakaran dan aktifitas sel lainnya. Bayangkan jika tubuh tidak dapat membuang sampah sampah ini, efeknya akan meracuni sel tubuh lainnya dan akan mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh. Maka dari itu ginjal aktif menyaring dan membuang zat sisa atau sampah dan racun tubuh melalui air seni.

  • Memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah

Tahukah anda, ginjal ini juga memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah. Hormon ini sangat penting efeknya dalam pengaturan tekanan darah. Hormon ini diregulasi sedemikian rupa hingga terjadi keseimbangan alamiah tubuh sehingga tekanan darah akan selalu normal. Jika terjadi ketidak seimbangan hormon ini, maka tekanan darah bisa meningkat.

  • Mengaktifkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang

Ginjal dan kesehatan tulang? apakah ada hubungannya? Jawabannya sangat erat. Kenapa? salah satu hormon yang menjaga kesehatan tulang adalah vitamin D, namun tidak akan berefek apapun jika tidak diaktifkan, maka tugas ginjal disini adalah mengaktifkan vitamin D agar dapat memelihara kesehatan tulang. Apa akibatnya jika terjadi kerusakan ginjal? produksi vitamin D aktif menurun, sehingga akan terjadi defisensi vitamin D yang berdampam rapuhnya tulang dan dapat terjadi pengapuran pembuluh darah.

  • Memproduksi hormon yang mengatur produksi sel darah merah

Salah satu gejala seseorang terkena penyakit ginjal adalah lemah letih lesu berulang ulang, kenapa hal ini terjadi? Karena ginjal memproduksi hormon yang memproduksi sel darah merah yang dinamakan eritropoetin. Hormon ini bertugas memicu sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah. Jika terjadi kerusakan ginjal, produksi hormon ini menurun, sehingga sel darah merah yang terbentuk ikut turun. Hal ini akan mengakibatkan anemia atau kurang darah, yang salah satu gejalanya adalah lemah letih dan lesu.

  • Mempertahankan keseimbangan mineral darah (natrium, fosfor, dan kalium)

​Fungsi yang berikutnya adalah mengatur keseimbangan mineral penting yang sangat berperan dalam metabolisme tubuh sehari-hari. Jika terjadi kerusakan ginjal dan tubuh tidak mempu mengatur mineral-mineral ini maka mudah sekali terjadi gangguan keseimbangan mineral yang dapat berdampak buruk bagi tubuh.


Demikian fungsi fungsi penting ginjal yang sehat, jika sudah mulai paham dan mengerti fungsi ginjal, besar harapan pembaca untuk dapat lebih aware dan sayang terhadap ginjal anda. Salam sehat untuk ginjal kita.

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Salam bahagia Bapak/Ibu Yth. Coba di simak tentang pertimbangan seorang dokter dalam melakukan cross check dari ancaman penyakit ginjal kronis (PGK) untuk pasien yang dicurigai, sehingga itu sifatnya

Penyakit ginjal kronis atau yang lebih dikenal dengan gagal ginjal kronis masih menjadi suatu problem serius. Salah satu yang menjadi perhatian adalah sulitnya menurunkan tekanan darah pada penyakit g

bottom of page