top of page
  • DMH

Apa itu transplantasi ginjal?


Transplantasi Ginjal? Sering terdengar istilah tersebut di telinga kita. Bagi orang awam, istilah tersebut kita anggap biasa, akan tetapi untuk penderita gagal ginjal terminal istilah tersebut merupakan suatu harapan dan bisa juga suatu istilah yang menakutkan. Di Amerika Serikat sampai saat ini sudah dilakukan lebih dari 100.000 transplantasi ginjal. Dari jumlah tersebut, 4153 kasus berasal dari donor hidup yang masih ada huungan kerabat, dan 14% dari donor hidup yang bukan kerabat. Bahkan, mulai banyak orang yang bisa menerima transplan sebelum mereka memerlukan hemodialisis (cuci darah). Data diatas menggambarkan, dengan kemajuan ilmu kedokteran, saat ini transplantasi ginjal terutama dengan ginjal dari donor hidup cenderung merupakan prosedur yang aman. Bahkan dapat dilakukan pada pasien gagal ginjal tahap akhir yang sedang mengidap penyakit berat seperti kardiovaskular atau diabetes.

Apa transplantasi itu?

Transplantasi ,yang berasal dari kata transplant (graft), adalah terapi yang banyak dipilih oleh para penderita gagal ginjal tahap akhir yang sekiranya memungkinkan. Transplantasi mengandung 2 pengertian, yaitu

1. Organ atau jaringan yang diambil dari badan untuk ditanam ke tempat lain pada badan yang sama atau ke individu lain

2. Proses pengangkatan dan pencangkokan organ / jaringan, yang selanjutnya ditanamkan ke bagian lain

Transplantasi ginjal yang terjadi dewasa ini tidak serta merta lancar prosesnya, dimulai dari banyaknya kontroversi mengenai jual beli perdagangan organ yang dilarang, adanya penolakan tubuh terhadap organ yang dicangkokan, meminum obat seumur hidup dan masih banyak lagi. Oleh karena itu perlu kematangan proses pada setiap tindakan transplantasi ginjal yang terjadi.

(Dikutip dari buku Djoko Santoso "Siapkan Diri Anda Untuk Cangkok Ginjal")

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page